Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Selamat Datang

SELAMAT DATANG Assalaamualaikum Wr. Wb. Selamat datang di situs resmi Pengadilan Agama Gresik. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama.
Selamat Datang

PENANDATANGANAN MoU PENGADILAN AGAMA GRESIK DAN POLRES GRESIK DALAM PENGAMANAN PERSIDANGAN DAN PELAKSANAAN EKSEKUSI

PENANDATANGANAN MoU PENGADILAN AGAMA GRESIK DAN POLRES GRESIK DALAM PENGAMANAN PERSIDANGAN DAN PELAKSANAAN EKSEKUSI

Relaunching PTSP PA Gresik oleh Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI via Teleconference

Relaunching Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Agama Gresik sebagai respon atas sidak Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI pada tanggal 01 Juni 2019
Relaunching PTSP PA Gresik oleh Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI via Teleconference

Penyelesaian Sengketa Gugatan Sederhana di Pengadilan Agama Gresik

Penyelesaian Sengketa Gugatan Sederhana di Pengadilan Agama Gresik

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

Administrasi dan persidangan secara elektronik dan diterapkan secara menyeluruh pada perkara-perkara tertentu.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

 

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Gresik ,  Mahkamah Agung RI membuat terobosan baru dengan membuka kesempatan persidangan secara elektronik atau e-litigasi berdasarkan Perma 1 Tahun 2019, E-litigasi meredesain praktik peradilan Indonesia setara dengan praktik peradilan modern di Negara-Negara yang telah maju teknologinya, , Keluaraga besar Pengadilan Agama Gresik turut berbela sungkawa atas meninggalnya Drs. M. Iqbal, S.H., M.H. Ketua Pengadilan Agama Lumajang, pada hari Minggu 10 November 2019 sekitar pukul 04:55 WIB di RSUD Dr. Soebandi Jember
  • Zona Integritas
  • Pencanangan ZI
  • Prosedur Perkara
  • Contoh Form Gugatan & Pemohon
  • Pojok PA

20181203005133

ZI 3

20181018045329

 

No.Contoh FormatAksi
1 Panduan Mengajukan Gugatan Klik Disini
2 Format Cerai Talak Klik Disini
3 Format Cerai Gugat Klik Disini
4 Format Cerai Gugat Hadhanah Klik Disini
5 Format Cerai Gugat Hadhanah dan Nafkah Anak Klik Disini
7 Format Cerai Talak Hadhanah Klik Disini
8 Contoh Permohonan Itsbat Nikah Voluntair Klik Disini
9 Format Cerai Talak Hadhanah Ghaib (Hilang) Klik Disini
10 Format Cerai Talak Ghaib Klik Disini
11 Contoh Format Wali Adhal Klik Disini
12 Format Cerai Gugat Ghaib Klik Disini
13 Format Cerai Talak Hadhanah Ghaib (Hilang) 2 tahun/lebih Klik Disini
14 Format Cerai Gugat Ghaib Ghaib (Hilang) 2 tahun/lebih Klik Disini
15 Contoh Permohonan Pengangkatan Anak Klik Disini
16 Contoh format permohonan Waris Klik Disini
17 Contoh Permohonan Dispensasi Nikah Anak Laki-laki Klik Disini
18 Format Cerai Gugat penjara 5 tahun atau lebih Klik Disini
19 Format Cerai Gugat pisah 2 tahun atau lebih Klik Disini
20 Format Cerai Talak pisah 2 tahun atau lebih Klik Disini
21 Format gugatan ta'lik talak Klik Disini

Pojok

 

 

Bertempat di Pendopo Kantor Camat Kedungadem Kabupaten Bojonegoro Propinsi Jawa Timur, Jumat (8/11/2019), dilaksanakan Sidang Isbat Nikah Terpadu. Kegiatan tersebut diadakan oleh Pengadilan Agama Bojonegoro bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro cq. Kantor Urusan Agama Kecamatan Kedungadem dan Kantor Dinas Kepedndudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bojonegoro.

Pada saat Pembukaan Isbat Nikah Terpadu/massal dihadiri oleh  Ketua Pengadilan Agama Bojonegoro, Drs. Muhajir, SH. M.Hum beserta Tim Hakim dan Panitera Drs. H. Sholikhin Jamik,SH.MH, para Panitera Pengganti, Camat Kedungadem, Kapolsek Kedungadem dan Kepala KUA Kecamatan Kedungadem dan para undangan. Sedangkan  para pemohon sidang Isbat Nikah terpadu  sebanyak 12 pasang dan para saksi dan wali nikah pada saat pernikahan mereka dulu dilaksanakan.

 29 1

Pelaksanaan sidang Isbat Terpadu tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Bojonegoro Drs. Muhajir, SH. M.Hum.  Dalam sambutannya, Drs. Muhajir, SH. M.Hum menyampaikan bahwa dasar Sidang Isbat tersebut adalah Peraturan Mahkamah Agung R.I Nomor 1 tahun 2015 tentang pelayanan terpadu sidang keliling Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama dan Mahkamah Syari’ah dalam rangka penerbitan akta perkawinan, buku nikah dan akta kelahiran dan kegiatan tersebut sangat positif karena mempunyai manfaat yang sangat besar sekali  bagi masyarakat, terutama untuk legalitas formal bagi masyarakat yang pernikahannya  belum tercatat (nikah sirri) karena terkait dengan adminitrasi kependudukan, pengurusan kartu keluarga, akta kelahiran anak-anaknya dan itu semua dibutuhkan buku nikah yang sah secara hukum  Islam dan Undang-Undang Perkawinan (UU No. 1 Tahun 1974).  Setelah pernikahannya yang dilaksanakan secara sah ditetapkan oleh Hakim, maka para pemohon Isbat Nikah diberikan Buku Nikah, Kartu Keluarga sekaligus Akta Kelahiran anak-anaknya.

 “Pelaksanaan sidangnya cukup di Kecamatan, tidak perlu ke kantor Pengadilan Agama Bojonegoro.  Sekali sidang  langsung mendapatkan Penetapan Pengadilan Agama Bojonegoro, selanjutnya penetapannya diserahkan kepada KUA untuk diterbitkan Buku Nikah dan Kantor Dukcapil menerbitkan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran anak-anaknya”., demikian tegasnya.

Selanjutnya Camat Kedungadem Kabupaten Bojonegoro, Drs. Arwan, Msi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas program Isbat Nikah terpadu tersebut dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro karena sangat membantu masyarakat untuk mengurus status pernikahannya yang selama ini belum mempunyai buku nikah karena nikah sirri sehingga admintrasi kependudukan juga mengalami kendala yang fatal untuk istri dan anak-anaknya.

 29 2

“Pemohon Isbat Nikah sebenarnya masih banyak, namun oleh karena waktu pendaftarannya agak mendesak sehingga untuk sementara ini baru 12 pasang”, imbuhnya. Pada akhir pembukaan Isbat Nikah terpadu tersebut diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Kepala KUA Kecamatan  Kedungadem Kabupaten Bojonegoro, Drs. H. Mukharom.  

Selanjutnya dilaksanakan Sidang Isbat Nikah terpadu secara massal dengan Tim hakim dan panitera Pengadilan Agama Bojonegoro sebanyak 3 meja persidangan.  Pada pukul 11.00 WIB sidang isbat selesai dan langsung diserahkan Buku Nikah, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran anak-anaknya para Pemohon.   

Kita doakan semoga pasangan suami isteri yang telah mengikuti siding   Isbat Nikah ini menjadi pasangan yang langgeng, sakinah mawaddah wa rohmah. Aamiin. (Tim IT-redaksi).

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

 

 

KUISIONER KEPUASAN DAN PELAYANAN

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Gresik

Jl. Wahidin Sudiro Husodo No. 45 Gresik

(031)-3991193 Mobile: 08113888100

(031)-3981685

www.pa-gresik.go.id

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

wainstagramyb

Jam Pelayanan

Jam Kerja
Senin - Kamis  : Pukul 07.30 - 16.00
Jum'at  : Pukul 07.00 - 16.00

Jam Pelayanan
Senin - Jum'at  : Pukul 08.00 - 15.00

Jadwal Sidang
Senin - kamis  : Pukul 09.00 - Selesai