Written by Super User on . Hits: 97

logo 100x125Prosedur  Pengaduan

 

Dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik, Pengadilan Agama Gresik kadang kala tidak selalu dapat memenuhi harapan masyarakat, khususnya para  pencari keadilan.

Bila hal ini terjadi, bisa menimbulkan ketidakpuasan dan keluhan dari masyarakat. Keluhan tersebut dapat diajukan ke Pengadilan Agama Gresik dan Pengadilan Agama Gresik

akan berupaya untuk memberikan solusi yang terbaik.

Syarat dan Tata Cara Penyampaian Pengaduan

A. Secara lisan
  1. Melalui telepon (031)-3991193 , yakni pada saat jam kerja mulai pukul 07.30 s/d 16.00 WIB
2. Datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Gresik.
B. Secara tertulis
 

 

1.

Menyampaikan  surat resmi  yang  ditujukan  kepada  pimpinan  dalam hal  ini  Ketua  Pengadilan  Agama  Gresik,  dengan  cara  diantar langsung,  dikirim  melalui 

Fax. (031)-3981695,  atau  melalui  pos  ke  alamat kantor di Jl. Wahidin Sudiro Husodo No. 45 Gresik Jawa Timur Indonesia Melalui e-mail:pThis email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

2. Pelapor dianjurkan untuk menggunakan formulir khusus untuk menyampaikan pengaduannya, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik di situs resmi Sistem Pengawasan Mahkamah Agung. (www.siwas.mahkamahagung.go.id)
3. Pengaduan  secara  tertulis  wajib  dilengkapi fotokopi  identitas  dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan.
4. Dalam hal pelapor memiliki kesulitan untuk membaca dan menulis, maka petugas akan membantu menuangkan pengaduan yang ingin disampaikan pelapor secara tertlis dalam formulir khusus pengaduan.

 

Prosedur Pengaduan

Materi yang dapat diajukan sebagai pengaduan antara lain sebagai berikut:

1. Pelanggaran terhadap kode etik dan atau pedoman perilaku hakim
2. Penyalahgunaan wewenang / jabatan;
3. Pelanggaran sumpah jabatan;
4. Pelanggaran terhadap peraturan disiplin pegawai
5. Perbuatan tercela, yaitu perbuatan amoral, asusila, atau perbuatan yang tidak selayaknya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan, maupun selaku anggota masyarakat.
6. Pelanggaran hukum acara, baik dilakukan dengan sengaja, maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman
7. Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yang bersifat administratif;
8. Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum.

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Gresik

Jl. Wahidin Sudiro Husodo No. 45 Gresik

(031)-3991193 Mobile: 08113888100

(031)-3981685

www.pa-gresik.go.id

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

wainstagramyb

Jam Pelayanan

Jam Kerja
Senin - Kamis  : Pukul 07.30 - 16.00
Jum'at  : Pukul 07.00 - 16.00

Jam Pelayanan
Senin - Jum'at  : Pukul 08.00 - 15.00

Jadwal Sidang
Senin - kamis  : Pukul 09.00 - Selesai