MEMPERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL DI PENGADILAN AGAMA GRESIK

Gresik/pa-gresik.go.id

Pada setiap tanggal 20 Mei, bangsa ini mengenang suatu peristiwa yang sangat berpengaruh bagi Indonesia yang mana  peristiwa tersebut diprakarsai oleh para pemuda Indonesia. Seratus lima tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 20 Mei 1908, para pemuda menyatukan tekad kemerdekaan bagi bangsa Indonesia dengan mendirikan oraganisasi bernama Boedi Oetomo. Organisasi Boedi Oetomo yang didirikan Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji serta digagas oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo pada awalnya bukan organisasi politik, tetapi lebih kepada organisasi yang bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan. Namun seiring waktu Boedi Oetomo kemudian menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk kemerdekaan Indonesia.

Saat itu bangsa ini masih merasakan penjajahan bangsa Belanda, banyak orang-orang yang merasakan ketidakadilan dan penderitaan yang terus menyingkap di batin dan tubuh mereka. Melihat hal tersebut menggugah para pemuda tersebut untuk memberikan perlawanan. Perlawaan dari para pemuda tersebut dimaksudkan untuk menghadapi kekuasaan kolonial Belanda yang tidak manusiawi dan tidak adil yang telah berabad-abad lamanya berlangsung di tanah air Indonesia. Kesadaran tersebut berangkat dari gagasan Sutomo yang menyatakan bahwa hari depan bangsa dan Tanah Air ada di tangan mereka. Boedi Oetomo pula lah yang dianggap sebagai pelopor organisasi kebangsaan lainnya. Semangat dan tekad seperti itulah yang kemudian patut kita teladani dan peringati setiap tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Refleksi makna untuk generasi saat ini

Jejak akan tekad kesadaran tersebut mungkin dapat menjadi cerminan bagi kita semua saat ini. Dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebaiknya tidak hanya diisi dengan pidato atau dengan perayaan semata, tetapi dengan lebih baik lagi bila membuat asumsi terhadap diri kita sendiri mengenai makna yang terkandung di dalam peringatam Hari Kebangkitan Nasional.

Dalam memperingati hari Kebangkitan Nasional Drs. H. Ach. Shofwan MS, S.H. MA., selaku Pembina upacara semangat keteladanan yang di usung dari pemuda bangsa pada tahun 1908 tersebut harus selalu disemaikan di pikiran kita. Kita sebagai generasi penerus  garis depan bangsa patut untuk menumbuhkan dan memelihara kebangkitan jiwa-jiwa pengemban semangat kemerdekaan dari para pendahulu. Seperti yang diharapkan dari momentum Hari Kebangkitan Nasional ini yaitu dapat menumbuhkan sebuah kesadaran kita sebagai penerus sejarah untuk dapat terus mengingat akan pentingnya sebuah sikap dan perilaku terhadap apa yang akan kita hadapi kelak dalam berproses menuju sebuah kemajuan bangsa. Dengan demikian kita hanya tinggal menunggu generasi penerus yang memiliki kemampuan memimpin bangsa dengan jujur dan adil dengan berangkat melalui aspirasi rakyat sehingga kita dapat secara bertahap mewujudkan apa yang dikehendaki dan diharapkan bangsa ini sejak dulu.

Upacara memperingati hari Kebangkitan Nasional berjalan dengan lancar dan khidmad.

Awal Puasa jatuh pada jatuh pada tanggal 17-05-2018

Gresik//Pa-gresik.go.id

Lembaga Falakiyah NU Gresik menyatakan tidak berhasil melihat posisi hilal dalam menentukan awal bulan puasa Ramadhan 1439 Hijriyah.

Rukyat kali ini dilakukan di Balai Hilal Condro Dipo, Kelurahan Kembangan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa (15/05/2018) sore.

Hakim Ketua Sidang Rukyat dari Pengadilan Agama Gresik di Bukit Condrodipo Gresik, Drs. H. Achmad Shofwan MS,S.H menyatakan, dari hasil pengamatan tim perukyat posisi hilal sejauh ini tidak berhasil dilihat. Dengan posisi hilal minus 1 derajat.

Tapi dalam pengamatan hari ini masih minus 1 derajat,” tutur Drs. H. Achmad Shofwan MS,S.H . Dengan demikian, maka awal puasa tidak jatuh esok hari. Tetapi puasa jatuh pada tanggal 17-05-2018 pada hari kamis , pihaknya besok akan menggelar kegiatan serupa guna memantau hilal untuk menentukan awal Ramadan. 

RAPAT DINAS MEI 2018

Gresik // Pa-Gresik.go.id

Gresik, bertempat di Aula Pengadilan Agama Gresik, 08 Mei 2018 tepat pukul 13:00 WIB diagendakan rapat dinas rutin bulan Mei 2018. Rapat dibuka oleh Sekretaris Pengadilan Agama Gresik Mochamad Ischaq, S.H. sekaligus melaporkan capaian kerja pada bulan April 2018 dan persiapan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) terutama untuk Sarana dan Prasarana Pengadilan Agama Gresik dalam menyongsong assessment eksternal tanggal 14 sampai dengan 16 Mei 2018.

Rapat dipimpin oleh Drs. Santoso, M.H., Ketua Pengadilan Agama Gresik dihadiri oleh seluruh Peawai Pengadilan Agama Gresik. Dalam pembinaannya Ketua Pengadilan Agama Gresik menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Dalam menghadapi assessment eksternal diharapkan semua pegawai sudah mengerti dan mengimplementasikannya dalam pekerjaan sehari-hari sesuai Tupoksi dan SOP yang ada.
  2. Melakukan update SIPP versi 3.2.0.3 agar segera dilaksanakan.

Setelah pembinaan dari Ketua Pengadilan Agama Gresik dilanjutkan oleh Drs. M. Shohih, M.H Wakil Ketua Pengadilan Agama Gresik yang menyampaikan beberapa hal mengenai :

  1. Lembaga –lembaga otonom  seperti IKAHI, IPASPI, Dharmayukti Karini dan lain sebagainya  yang merupakan pendukung Pengadilan agar melakukan pelaporan baik kegiatan maupun keuangannya minimal 3 ( tiga ) bulan sekali.
  2. Meningkatkan kedisiplinan pegawai dengan tepat waktu kedatangannya.
  3. Pengelolaan Website Pengadilan Agama Gresik agar ditingkatkan dan bisa ditambah dengan tenaga – tenaga muda dengan pemikira yang lebih maju.
  4. Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) merupakan awal baru dari perubahan pola pikir aparat pemerintah terutama di Pengadilan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.
  5. HAWASBID dalam melakukan pengawasan internal selain berpedoman kepada Buku IV harus berpedoman pada Buku Pedoman SAPM serta efektifitas dari penerapan SOP di Kepaniteaan , SOP Kesekretariatan maupun Prosedur Mutu (PM) pada Manajemen.
  6. Evaluasi terhadap pelayanan POSBAKUM agar segera dilaksanakan untuk mengetahui kinerja POSBAKUM sudah sesuai dengan target kinerja yang telah ditetapkan.

Rapat diakhiri dengan sesi saran dan usul dari peserta rapat dinas , diantaranya penunjukan petugas  Meja Informasi dan Pengaduan serta persiapan bagian pelayanan dalam menghadapi assessment ekstrenal tersebut. Rapat ditutup oleh Sekretaris Pengadilan Agama Gresik tepat pukul 15:00 WIB.

Rapat Tinjauan dan Pembahasan PJ Kesekretariatan

Gresik//Pa-gresik.go.id

Gresik, bertempat di Aula Pengadilan Agama Gresik 26 Pebruari  2018 tepat pukul 13:00 WIB diagendakan Rapat Tinjauan dan Pembahasan Administrasi kesekretariatan. Rapat dibuka oleh Drs. M. Shohih, M.H. Ketua Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Pengadilan Agama Gresik. Rapat dihadiri oleh seluruh Peawai Pengadilan Agama Gresik yang tidak ada pelayanan.

Rapat dilanjutkan dengan Sekretaris  Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Pengadilan Agama Gresik Mocahamad Ischaq, S.H. menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Dokumen Administrasi Kesekretariatan sudah mencapai 90% baik SOP dan Formulirnya serta daftar SK dan dokumen acuannya.
  2. Untuk Sarana dan Prasaran sudah berusaha secara maksimal agar bisa terpenuhi dengan dana yang ada.
  3. Daftar Induk Arsip belum ada  dan akan segera dipenuhi beserta dokumen pendukungnya.

Rapat diakhiri oleh Evaluasi dokumen oleh Ketua Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Pengadilan Agama Gresik dan peserta rapat yaitu  pada Dokumen Acuan Administrasi Kesekretariatan  dan implementasi/ penerapan SOP dan formulir administrasi Kesekretariatan.

Rapat Tinjauan Manajemen dan Sasaran Mutu

Gresik//Pa-gresik.go.id

Gresik, 12 Pebruari  2018 tepat pukul 13:00 WIB bertempat di Aula Pengadilan Agama Gresik diagendakan Rapat Tinjauan Manajemen dan Sasaran Mutu. Rapat dibuka oleh Drs. M. Shohih, M.H. Ketua Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Pengadilan Agama Gresik yang dihadiri oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama Gresik yang tidak ada pelayanan.

Rapat dilanjutkan dengan Pemaparan Drs. H.M. Bisyri, M.H. selaku PJ Administrasi Manajemen Sertifikasi  Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Pengadilan Agama Gresik  sebagai berikut :

  1. Isu Internal dan Isu Eksternal yang terdapat di Pengadilan Agama Gresik sesuai analisis SWOT pada Renstra Pengadilan Agama Gresik.
  2. Pihak-pihak berkepentingan yang ada di Pengadilan Agama Gresik.
  3. Sasaran Mutu Pengadilan Agama Gresik.

Rapat diakhiri oleh Evaluasi dokumen peserta rapat mengenai Isu Internal dan Isu Eksternal  yang perlu dilakukan perubahan beberapa item serta perlu dilengkapinya data statistik dari Sasaran Mutu dan Review terhadap Renstra dan RKT pengadilan Agama Gresik.

Kontak

  • Jl. Wahidin Sudiro Husodo No. 45

    Gresik Jawa Timur Indonesia

  • Telp : (031)-3991193

    Fax : (031)-3981695

    Mobile: 085204163436

  • Email : pagresik@gmail.com

Traffic Pengunjung

Hari ini95
Kemarin73
Minggu ini882
Bulan ini3269
Semua58203

27 May 2018

Tautan

 

Jam Pelayanan

Jam Kerja
Senin - Kamis  : Pukul 07.30 - 16.00
Jum'at  : Pukul 07.00 - 16.00

Jam Pelayanan
Senin - Jum'at  : Pukul 08.00 - 15.00

Jadwal Sidang
Senin - kamis  : Pukul 09.00 - Selesai