Rapat Pembinaan di Pengadilan Agama Gresik

Gresik//Pa-Gresik.go.id

Gresik 11 September 2017, Sehubungan dengan adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh KPK terhadap aparatur peradilan yang baru-baru ini terjadi, dan menindaklanjuti instruksi Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung Republik Indonesia untuk melakukan pembinaan. Pengadilan Agama Gresik dipimpin langsung oleh Drs. Santoso, M.H., Ketua Pengadilan Agama Gresik melakukan pembinaan terhadap seluruh pegawai, meliputi Hakim, Panitera, Jurusita dan seluruh Karyawan Pengadilan Agama Gresik bertempat di Aula Pengadilan Agama Gresik tepat pukul 13: 00 WIB.

Pimpinan Pengadilan Agama Gresik menghimbau agar seluruh Pegawai untuk bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku terutama yang berhubungan langsung dengan para pencari keadilan, jangan sampai ada kejadian seperti di Pengadilan lain berupa tindakan meminta uang kepada para pencari keadilan.  Ada beberapa hal yang disampaikan pimpinan untuk mencegah tindakan korupsi dan gratifikasi di Lingkungan Pengadilan Agama Gresik diantaranya  dengan adanya Pakta Integritas untuk seluruh Pegawai Agama Gresik dan banner-banner atau informasi area bebas korupsi.

Pimpinan Pengadilan Agama Gresik memberikan apresiasi dan ucapan  terima kasih kepada seluruh pegawai yang telah bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam rangka mendukung program Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam rangka memberantas tindakan korupsi di Lingkungan 

Idul Adha Dipastikan Jatuh pada 1 September 2017

Gresik//Pa-Gresik.go.id

Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah dipastikan jatuh pada Jumat 1 September 2017, setelah tim pemantau Lajnah Falakiyah melihat hilal sebagai awal bulan Dzulhijjah di Bukit Condrodipo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa (22/8).

Dewan Pakar Lajnah Falakiyah Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Gresik, Abdul Muid di Gresik, Selasa, mengatakan hilal mulai terlihat pada jam 17:32:11 WIB, dan dilihat oleh tim yang beranggotakan Inwanuddin, Ust M Asyhar, Miftakhul Falach, dan M Aminuddin, ketiganya dari Gresik, dan Ust Syamsul Ma'arif dari Mojokerto.

Tidak ketinggalan juga tim Rukyat dari Pengadilan Agama Gresik antara lain dari Ketua Bapak Drs. Santoso, M.H., wakil Ketua Bapak Drs. M. Shohih, S.H., M.H., beserta Hakim Bapak Drs. H. Ach. Shofwan MS, SH, MA dan Panmud Permohonan Bapak Hujaidi, S.H.dan juga staff A.Yudi Ismail sebagai dokumentasi.

Hilal, kata Gus Muid, panggilan akrab Abdul Muid juga dilihat oleh tim di Banyu Urip Senori, Kabupaten Tuban pada 17.41 WIB. "Untuk tim Lajnah Falakiyah yg di Condrodipo diwakili oleh Ust Sholih Adaf dan yg di Banyu Urip Tuban diwakili oleh Ust Imam Bukhori," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan kesaksian pengamatan Rukyatul hilal itu, Lajnah Falakiyah akan melalaporkan ke Kementerian Agama setempat terkait penetapan tanggal 1 Dzulhijjah 1438 Hijriyah yang jatuh pada hari Rabu, 23 Agustus 2017, sehingga Hari Raya Idul Adha otomatis jatuh pada hari Jumat, 1 September 2017.

Sebelumnya, Lajnah Falakiyah NU Gresik menggelar Rukyatul Hilal di Bukit Condrodipo untuk melaksanakan tugas dan ikhtiar rutin dalam menetapkan awal bulan Hijriyah. Sebagaimana diketahui dalam menentukan rukyatul hilal, Lajnah Falakiyah NU Gresik bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik, sebab hasil dari rukyatul hilal juga akan diserahkan ke Kantor Kementrian Agama Gresik dan ditetapkan dalam sidang isbat.

UPACARA PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI BERJALAN HIDMAT DAN MANTAB

Gresik | pa-gresik.go.id

mengikuti seluruh rangkaian upacara dengan semangat, ceria dan hikmat. Adapun bertindak selaku inspektur  upacara adalah Ketua Pengadilan Agama Gresik Drs. Santoso, M.H. dan sebagaimana tahun lalu yang menjadi komandan upacara adalah Bapak Zainul Abidin.

Upacara diawali dengan  pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan naskah Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, dan diakhiri, pembacaan doa  sebagai penutup.

Dalam sambutannya, Ketua mengajak para peserta upacara mengenang jasa para pahlawan kusuma bangsa  yang telah berjuang memerdekakan Indonesia dan memahami hakikat proklamasi kemerdekaan dan nilai-nilai yang dapat diteladani dari para pahlawan kemerdekaan. “Karena dengan tekad dan perjuangan mereka serta kehendak  Allah  SWT,  Tuhan  Yang  Maha Kuasa Indonesia merdeka,” ujar Ibu Ketua.

Kita harus bersyukur karena banyak hasil kemajuan dan capaian yang telah diraih khususnya dalam hal peningkatan pelayanan masyarakat di bidang hukum. Dalam konteks profesi kita sebagai abdi negara di bidang hukum. Berbagai upaya telah kita lakukan untuk menggenjot performa mutu pelayanan dalam segala bidang, baik yang berkenaan langsung dengan para pihak atau melalui media virtual seperti layanan website, saya tidak henti-hentinya untuk selalu menggelorakan semangat kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas, hal ini tidak lain adalah sebagai bagian dalam mengisi kemerdekaan ini dengan pelayanan dibidang hukum secara  excellent dan egaliter di PA Gresik.

Namun, lanjut Ketua, kita harus tetap sadar dan lebih meningkatkan kemauan dan kemampuan kita karena  ke  depan  masih  banyak  persoalan dan  tantangan bahkan lebih kompleks yang harus kita selesaikan. “Dalam mewujudkan cita-cita proklamasi tersebut diperlukan sikap optimistis dan upaya kuat seluruh anak bangsa secara terpadu serta harus dilakukan secara berkelanjutan,” kata Ibu Ketua menakhiri sambutannya.

Dengan dibacakannya doá oleh Bapak Slamet, S.Ag., S.H., M.H. Maka sekaligus menutup seluruh rangkaian upacara.

Selanjutnya, seperti tidak mau melewatkan moment langka ini Ketua mengajak seluruh anak buahnya untuk berfoto bersama (Tim IT).

RAPAT DINAS RUTIN BULAN AGUSTUS 2017

Gresik//Pa-Gresik.go.id

Gresik, Kamis 10 Agustus 2017 tepat pukul 13:00 WIB  bertempat di Aula Pengadilan Agama Gresik diagendakan rapat rutin bulanan. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Gresik Drs. Santoso M.H, di dampingi oleh Drs. M. Shohih, M.H. selaku Wakil Ketua, Panitera Drs. H. Dulloh, S.H., M.H., dan Sekretaris Pengadilan Agama Gresik Mochamad Ischaq, S.H., yang dihadiri oleh seluruh Hakim, Pejabat Fungsional dan Pejabat Kesekretariatan dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Gresik.

Rapat berlangsung selama dua jam dengan agenda rapat berupa pembahasan hasil pertemuan di Banyuwangi tanggal 24 sampai dengan 26 Juli 2017 serta hasil temuan Hakim Pengawas Bidang Pengadilan Agama Gresik untuk periode semester I Tahun 2017.

Dalam pembinaannya Drs. Santoso, M.H., Ketua Pengadilan Agama Gresik menyampaikan hasil pertemuan di Banyuwangi sebagai berikut:

  1. Tidak boleh melakukan Eksekusi tanpa Aanmaning
  2. Hakim harus cermat dalam membuat putusan suatu perkara
  3. Hakim tidak boleh menerima gratifikasi
  4. Harus ada ijin jika keluar kantor pada waktu jam kerja
  5. Penanganan proyek harus 100% terlaksana
  6. Hakim dan Panitea harus peduli terhadap istri (keluarga)

Selanjutnya Wakil Ketua Pengadilan Agama Gresik, Drs. M. Shohih, S.H., M.H. menyampaikan beberapa temuan Hakim Pegawas Bidang Semester I Tahun anggaran 2017, antara lain:

  1. Penyusunan Program Kerja dan Perencanaan Anggaran belum melibatkan unsur pegawai ( unit kerja) yang ada dalam Satker.
  2. Job Deskripsi kerja pegawai belum terpasang di atas meja kerja pegawai yang bersangkutan.
  3. Keadaan Bangunan Kantor sudah tidak memenuhi syarat, jika dibandingkan dengan beban kerja dan pegawai.
  4. Aplikasi SMS Gateway dalam pelaporan ke PTA dan Badilag belum difungsikan dengan baik.
  5. Pengelolaan Meja Informasi dan Meja Pengaduan belum maksimal.
  6. Pemanfaatan SIADPA oleh Panitera Pengganti atau Hakim masih teks book
  7. Pengelolaan dan Pemanfaatan SIPP belum maksimal
  8. Masih terdapat beberapa kolom register gugatan yang belum terisi
  9. Ditemukan relaas panggilan para pihak dan PBT putusan yang tidak di renvoi
  10. Berkas perkara telah diminutasi , tapi ditemukan BAS yang belum ditandatangani
  11. Perkara sudah diminut tetapi penetapan mediator belum ditanda tangani oleh Ketua Majelis

Dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Gresik mengharapkan agar hasil temuan tersebut segera ditindak lanjuti sebelum pengawasan periode selanjutnya.

Diakhir rapat ditutup oleh Panitera dan Sekretaris yang menyampaikan tentang rencana Pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama sebagai hasil dari Pertemuan di Banyuwangi.

PERSIAPAN SERTIFIKASI AKREDITASI PENJAMINAN MUTU (SAPM)

Gresik//Pa-Gresik.go.id

Dalam rangka meningkatkan kualitas Pelayanan Pengadilan Agama / Mahkamah Syar’iyah yang berorientasi pada prinsip efektif dan efisien untuk mewujudkan pelayanan prima bagi pengguna jas Pengadilan maka Dirjen Badan Peradilan Agama  berusaha untuk mewujudkan sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama.

Untuk mewujudkan Pelaksanaan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) tersebut Pengadilan Agama Gresik, Selasa , 13 Agustus 2017 tepat pukul 13:30 WIB mengadakan rapat persiapan yang bertempat di Aula Pengadilan Agama Gresik yang dipimpin langsung oleh Drs. Santoso, M.H., Ketua Pengadilan Agama Gresik. Rapat diikuti oleh seluruh pejabat Kesekretariatan , pejabat Fungsional dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Gresik.

Sebagai Top Manager Ketua Pengadilan Agama Gresik sudah membentuk Tim Akreditasi yang terdiri dari Drs. M. Shohih, S.H., M.H. ( selaku Penanggungjawab), Drs. H. Ach. Shofwan MS, S.H., M.A ( Assesor Internal ), Drs. H.M. Bisyri, S.H., M.H. ( Sekretaris Akreditasi), Drs. Ah. Fudloli, M.H. ( Penanggungjawab Administrasi Manajemen), Mochamad Ischaq, S.H. ( Penangungjawab Administrasi Kesekretriatan ) dan Drs. H. Dulloh, S.H., M.H. ( Penanggung jawab Administrasi Kepaniteraan).

Selaku Penanggung Jawab Akreditasi Drs. M. Shohih, S.H., M.H. menghimbau agar kita berusaha mewujudkan program Dirjen Badan Peradilan Agama khususnya dan Mahkamah Agung RI secara umum untuk menciptakan tujuan yang digariskan organisasi dalam memenuhi persyaratan pencari keadilan da berusaha melampaui harapan pencari keadilan.

Rapat ditutup oleh Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Gresik. Dalam sambutannya Drs. H. Dulloh, S.H., M.H. menjelaskan secara singkat tentang prinsip manajemen mutu dan ruang lingkup Manajemen Mutu serta Administrasi Kepaniteraan. Sedangkan Mochamad Ischaq, S.H. selaku Penanggung Jawan Administrasi Kesekretariatan menerangkan sekilas tentang beberapa pokok bahasan Administrasi Kesekretariatan. 

Kontak

  • Jl. Wahidin Sudiro Husodo No. 45

    Gresik Jawa Timur Indonesia

  • Telp : (031)-3991193

    Fax : (031)-3981695

    Mobile: 085204163436

  • Email :

Traffic Pengunjung

Hari ini76
Kemarin115
Minggu ini547
Bulan ini3179
Semua30792

21 September 2017

Tautan

 

Jam Pelayanan

Jam Kerja
Senin - Kamis  : Pukul 07.30 - 16.00
Jum'at  : Pukul 07.00 - 16.00

Jam Pelayanan
Senin - Jum'at  : Pukul 08.00 - 15.00

Jadwal Sidang
Senin - kamis  : Pukul 09.00 - Selesai