UPACARA HARI PAHLAWAN 10 NOPEMBER 2017

Gresik//Pa-Gresik.go.id

Gresik, Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2017 dimulai tepat pukul 07:30, dilaksanakan di halaman Gedung Pengadilan Agama Gresik. Upacara dimulai dengan ditertib yang dipimpin oleh Zainul Abidin.

Pelaksanaan Upacara dimulai dengan laporan pemimpin Upacara, dilanjutkan dengan Peenghrmatan kepada Bendera Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta, Pembacaan Pancasila diikuti oleh seluruh peserta Upacara, Pembacaan UUD Negara Republik Indonesia 1945, Pembacaan Pesan-pesan Pahlawan / Kata-kata Mutiara dilanjutkan dengan amanat Pembina Upacara, diakhiri dengan Pembacaan doa dan laporan pemimpin Upacara bahwa upacara telah usai.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2017 merupakan Momentum Sejarah seluruh rakyat Indonesia untuk mengingat jasa dan perjuangan para Pahlawan kita dalam rangka merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya peristiwa heroik Arek-arek Suroboyo melawan pasukan Inggris di bulan Nopember 1945. Seperti disampaikan oleh Bung Tomo dalam pidata di radio“ Selama banteng – banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih maka selama itu tidak akan mau menyerah kepada siapapun juga “.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan dengan tema “ Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”. Berlandaskan tema tersebut kita sebagai Generasi  Penerus Bangsa diharapkan berusaha dan mampu mempertahankan apa yang telah diperjuangkan para Pahlawan kita dengan cara menjaga keutuhan bangsa dan membangun Negeri tercinta menjadi lebih baik lagi dari generasi ke generasi. Dimana Bangsa yang besar adalah Bangsa yang Menghargai Jasa para Pahlawannya.  

EKSPOS PENGAWASAN REGULER BAWAS MAHKAMAH AGUNG RI

Gresik//Pa-Gresik.go.id

Gresik, Senin  tepat pukul 15:00 WIB  bertempat di Aula Pengadilan Agama Gresik , Badan Pengawas Mahkamah agung RI melaksanakan ekspos atas pengawasan yang telah dilakukan sesuai dengan surat tugas Nomor : 701/BP/ST/XI/2017 tanggal 01 Nopember 2017 dilaksanakan selama 5 (lima) hari mulai tanggal 07 sampai dengan 11 Nopember 2017. Pengawasan ini  dilaksanakan oleh :

  1. , selaku Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawas Mahkamah Agung RI
  2. , Selaku Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawas  Mahkamah Agung RI
  3. , selaku Kepala Sub Bagian Pemberhentian dan Pensiun pada Sekretariat Badan Pengawas Mahkamah Agung RI
  4. Supriyanto, Selaku Staf pada Badan Pengawas Mahkamah Agung RI
  5. Riswan Marhaen Renuat, selaku Staf pada Badan Pengawas Mahkamah Agung RI.

Pengawasan ini secara spesifik memeriksa beberapa aspek antara lain :

  1. Manajemen Peradilan
  2. Kinerja Pelayanan Publik
  3. Administrasi Persidangan
  4. Administrasi Perkara
  5. Administrasi Umum

Ekspos hasil pemeriksaan Badan Pengawas Mahkamah Agung RI dibuka oleh Drs. Santoso, M.H., Ketua Pengadilan Agama Gresik. Setelah sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Gresik, selanjutnya H. Sudirman selaku Ketua TIM Bawas, menyampaikan mukadimah ekspos pada sore itu. Beliau menggaris bawahi mengenai dasar hukum, fungsi dan tugas Badan Pengawas Mahkamah Agung RI serta menyinggung mengenai kedisiplinan aparatur peradilan yang harus lebih ditingkatkan.

Selanjutnya H. Sudirman mempersilahkan kepada anggotanya untuk menyampaikan hasil temuannya. Dimulai oleh Supriyanto menyampaikan pengawasan pada Keuangan DIPA dan Keuangan Perkara, Riswan Marhaen menyampaikan hasil pengawasan pada Administrasi umum, H. Mulyanto menyampaikan hasil pengawasan yang menitik beratkan pada kedisiplinan pegawai, Hj. Lilik Tri Cahyaningrum tentang Manajemen Peradilan. Penyampaian hasil temuan ditutup oleh H. Sudirman tentang Administrasi Perkara.  Secara umum pelaksanaan kegiatan baik pelayanan publik maupun administrasi sudah baik, akan tetapi seperti yang disampaikan oleh H. Sudirman , bahwa tak ada gading yang tak retak, maka masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi, baik dalam hal administrasi keperkaraan, keuangan, maupun pelayanan publik.

Setelah seluruh hasil pengawasan disampaikan, Drs. Santoso, M.H. menyampaikan terimakasih kepada TIM Bawas MA RI yang sudah menjalankan tugas Pengawasan dan memberikan petunjuk yang benar kepada seluruh aparat Pengadilan Agama Gresik agar menjadi lebih baik dan berkualitas. Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa hasil Pengawasan reguler ini agar sesegera mungkin untuk ditindaklanjuti agar pada tahap monitoring nanti, apa yang sudah disampaikan dalam ekspos ini sudah ditindaklanjuti.

Kegiatan ekspos hasil pengawasan reguler Bawas MA RI selesai pukul 16.00 WIB dan ditutup oleh Ketua Pengadilan Agama Gresik dilanjutkan dengan foto bersama.

RAPAT DINAS RUTIN NOPEMBER 2017

Gresik//Pa-Gresik.go.id

Gresik, Senin  tepat pukul 13:00 WIB  bertempat di Aula Pengadilan Agama Gresik diagendakan rapat rutin bulanan. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Gresik Drs. Santoso M.H, di dampingi oleh Drs. M. Shohih, M.H. selaku Wakil Ketua, Panitera Drs. H. Dulloh, S.H., M.H., dan Sekretaris Pengadilan Agama Gresik Mochamad Ischaq, S.H., yang dihadiri oleh seluruh Hakim, Pejabat Fungsional dan Pejabat Kesekretariatan dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Gresik.

 

2

 

Rapat berlangsung selama dua jam dengan agenda rapat berupa persiapan Pengawasan dari Badan Pengawas (BAWAS) Mahkamah Agung RI dan hasil Consulting  BAWAS di Surabaya taanggal 03 s.d 04 Nopember 2017. Dari Hasil Consulting tersebut diharapkan seluruh Aparatur pegawai harus jujur , adil dan tidak memihak , tidak menjadi penghubung terhadap kasus tertentu, dan tidak memberikan akses kepada para pihak untuk berhubungan langsung dengan Majelis Hakim, serta merubah mindset dari profit oriented menjadi benefit oriented. Khusus untuk Kesekrtariatan diharapkan juga berhati-hati  dalam proses Penagdaan Barang/Jasa.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Gresik, Drs. M. Shohih, S.H., M.H. menyampaikan agar semua unsur melakukan persiapan untuk Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM), dan untuk bagian kepaniteraan agar membuat register Gugatan Sederhana Ekonomi syariah, Petugas penanggungjawab meja Informasi dan gugatan dan penyelesaian perkara agar ditingkatkan sehingga target sisa perkara bisa dicapai.

Dalam pembinaannya Drs. Santoso, M.H., Ketua Pengadilan Agama Gresik mengharapkan agar sisa perkara yang diselesaikan tahun 2017 bisa mencapai 10%, Bagian Kepaniteraan dan Kesekretariatan diharapkan selalu berkoordinasi dengan bangian masing-masing. 

PEMBACAAN DAN PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS

1

 

Gresik//Pa-Gresik.go.id

Sekedar mengingatkan kembali bahwa akhir-akhir ini banyak oknum Pegawai Negeri Sipil yang menjadi target Operasi Tangkap Tangan atau lebih dikenal dengan OTT oleh Komisi Pemberantas Korupsi. Oleh sebab itu untuk menjaga citra dan kredibilitas kita sebagai Pegawai Mahkamah Agung RI khususnya di Pengadilan Agama Gresik telah diadakan pembacaan dan penandatanganan pakta integritas secara bersama-sama di aula Kantor Pengadilan Agama Gresik Kelas IB yang dihadiri oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta Karyawan/Karyawati, acara ini dilaksanakan pada Kamis, 12 Oktober 2017 pada pukul 13.00 WIB.

Pembacaan dan penandatanganan pakta integritas ini dimaksudkan untuk peningkatan kinerja serta keharmonisan antara pribadi baik di dalam maupun di luar Lingkungan Mahkamah Agung RI dan Peradilan dibawahnya, sesuai dengan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim dan/atau Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, serta Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 009-A/SEK/SK/I/2012 tanggal 6 Januari 2012 tentang Aturan Perilaku Pegawai Mahkamah Agung RI. Pembacaan Pakta Integritas dipimpin oleh Mochamad Ischaq, S.H. Sekretaris Pengadilan Agama Gresik. Acara dilanjutkan dengan Penandatangan Pakta Integritas di mulai Ketua, Wakil Ketua, Hakim  serta seluruh Karyawan / Karyawati Pengadilan Agama Gresik.
Dokumen Pakta Integritas adalah dokumen yang berisi pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme. Dengan berlakunya Peraturan ini, dinyatakan Surat Edaran Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : SE/06/M.PAN/04/2006 tentang Pelaksanaan Pakta Integritas :

1.  Menjaga citra dan kredibilitas Mahkamah Agung RI dan Pengadilan melalui pelaksanaan tata kerja yang jujur, transparan dan akuntabel serta objektif untuk mendorong peningkatan kinerja serta keharmonisan antar pribadi, baik di dalam maupun di luar lingkungan Mahkamah Agung RI dan Pengadilan, sesuai Kode Etik dan Pedoman Prilaku sesuai jabatan yang diemban dan atau Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil;

2.  Memberi contoh kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas kepada sesama pegawai di lingkungan kerja saya secara konsisten.

3.  Senantiasa berusaha memenuhi standar kerja/profesi, meningkatkan kompetensi, serta menggunakannya dalam pelaksanaan tugas dengan kecakapan (proficiency), serta kecermatan dan kehati-hatian secara professional (due professional care).

4.   Berperan secara proaktif dalam mencegah dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme, serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela;

5.   Tidak meminta atau menerima pemberian (gratifikasi) secara langsung atau tidak langsung terkait dengan jabatan atau pekerjaan, yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

6.    Menghindarkan pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam pelaksanaan tugas;

7.    Akan menyampaikan informasi penyimpangan integritas yang terjadi di Mahkamah Agung Republik Indonesia.

 

 

Drs. Santoso, M.H., Ketua Pengadilan Agama Gresik mengingatkan bahwa pakta integritas merupakan janji kepada diri sendiri untuk melaksanakan tugas sesuai peraturan perundangan dan tidak akan melakukan Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN),  tidak meminta dan menerima gratifikasi langsung maupun tidak langsung yang terkait jabatan atau pekerjaan sehingga akan merugikan diri sendiri atau golongan, dan karenanya seluruh Hakim dan Pegawai agar melaksanakan dan mematuhi apa yang telah termuat dalam isi dokumen Pakta Integritas yang telah ditandatangani dengan rasa penuh tanggung jawab.

Drs. SANTOSO, M.H. PIMPIN UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA

Gresik | Pa-gresik.go.id

Ketua Pengadilan Agama Gresik memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, yang digelar di Halaman Gedung Pengadilan Agama Gresik. Drs. Santoso, M.H. bertindak selaku Pembina Upacara.

Upacara dimulai pukul 08:00 WIB, upacara dimulai dengan tertib. Pelasanaan Upacara dimulai dengan laporan pemimpin Upacara, dilanjutkan mengheningkan cipta diiringi oleh Lagu Pahlawan Gugur Bunga, Pembacaan Pancasila diikuti oleh seluruh peserta Upacara, Pembacaan UUD Negara Republik Indonesia 1945, Pembacaan Ikrar kesetiaan kepada Pancasila, diakhiri dengan andhika Bhayangkari dan laporan pemimpin Upacara bahwa upacara telah usai.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan Momentum Sejarah seluruh rakyat Indonesia untuk semakin semangat berjuang mempertahankan dan menjaga keutuhan Pancasila di tanah air Indonesia ini. Serta terus –menerus menumbuhkembangkan nilai – nilai Pancasila kepada semua generasi, utamanya para generasi penerus bangsa Indonesia yang kita cintai ini.

 

Kontak

  • Jl. Wahidin Sudiro Husodo No. 45

    Gresik Jawa Timur Indonesia

  • Telp : (031)-3991193

    Fax : (031)-3981695

    Mobile: 085204163436

  • Email :

Traffic Pengunjung

Hari ini22
Kemarin73
Minggu ini435
Bulan ini1935
Semua37421

25 November 2017

Tautan

 

Jam Pelayanan

Jam Kerja
Senin - Kamis  : Pukul 07.30 - 16.00
Jum'at  : Pukul 07.00 - 16.00

Jam Pelayanan
Senin - Jum'at  : Pukul 08.00 - 15.00

Jadwal Sidang
Senin - kamis  : Pukul 09.00 - Selesai