UPACARA PERINGATAN HUT REPUBLIK INDONESIA KE -73

Gresik//Pa-gresik.go.id

Gresik, Ketua Pengadilan Agama Gresik Drs. Santoso, M.H. memimpin upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73. Upacara dilaksanakan di Halaman Gedung Pengadilan Agama Gresik.

Upacara di mulai pukul 07:30 WIB, Jum’at 17 Agustus 2018 diikuti oleh Seluruh Hakim dan Pegawai dilingkungan Pengadilan Agama Gresik. Para Hakim kompak memakai fulldress dan pegawai berpakaian seragam Korpri.

Upacara dimulai dengan persiapan barisan oleh Zainul selaku Pemimpin Upacara, dilanjutkan dengan penghormatan kepada Bendera Merah putih diiringi oleh Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, mengeheningkan cipta, pembacaan Teks Proklamasi, pembacaan Pancasila oleh Pembina Upacara dan dilanjutkan dengan Pembacaan teks UUD 1945.

Dalam Upacara Peringatan HUT RI ke-73 ini diberikan Tanda Penghargaan Satya Karya kepada beberapa pegawai, mulai masa pengabdian 8 tahun (sewindu), 20 Tahun dan 30 tahun.

Upacara ditutup dengan pembacaan doa oleh M. Aghfar Musyaddad, S.H. dilanjutkan dengan sesi foto bersama keluarga besar Pengadilan Agama Gresik. 

UPACARA PERINGATAN HUT MAHKAMAH AGUNG RI KE -73 : “ERA BARU PERADILAN MODERN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

 

Gresik//Pa-gresik.go.id

Gresik, Dalam rangkan memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI yang ke – 73 pada tanggal 19 Agustus 2018 dilaksanakan Upacara Bendera sesuai dengan Instruksi Sekretaris Mahkamah Agung kepada seluruh pengadilan di empat lingkungan peradilan.

Upacara dilaksanakan di Halaman Gedung Pengadilan Negeri / Hubungan Industrial Gresik Kelas 1 A dengan mengambil tema  “ Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”. Tema ini merefleksikan dunia peradilan Indonesia yang memulai era baru dengan mengembangkan sistem Peradilan berbasis elektronik (e-court) sebagai implementasi dari Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik di Pengadilan.

Tepat pukul 07:30 WIB upacara dimulai dengan Inspektur Upacara Ketua Pengadilan Negeri/ Hubungan Industrial Gresik, Andreas Purwantyo Setiadi, S.H., M.H. Upacara berlangsung dengan khidmat diikuti oleh seluruh Hakim dan Pengawai Pengadilan Negeri / Hubungan Industrial Gresik dan Pengadila Agama Gresik dengan memakai seragam Olah raga.

“Kita menyadari bahwa dengan menjalankan aktifitas olahraga, maka tubuh akan menjadi sehat dan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat “mens sana in corpore sano”, demikian bunyi salah satu penggalan amanat Ketua Mahkamah Agung yang dibacakan pada upacara peringatan HUT MARI.

Selain itu, sebagai aparatur lembaga peradilan, kita harus tetap prima dan tangguh kesehatannya dalam menghadapi berbagai tantangan dan problematika yang akhir-akhir ini banyak menjadi sorotan publik.

Jelang Idul Adha 2018 - Pemerintah Telah Tetapkan 1 Zulhijjah 1439 H Jatuh pada 13 Agustus 2018

Lembaga Falakiyah (LF) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengikhbarkan bahwa tanggal 1 Dzulhijjah 1439 H jatuh pada hari Senin (13/8). Salah satu markaz rukyat yang sering diperhitungkan laporannya adalah Balai Rukyat Bukit Condrodipo yang terletak di Kabupaten Gresik Propinsi Jawa Timur. Gresik yang dikenal sebagai kota wali karena terdapat makam beberapa wali songo serta kota santri dan kawasan industry di utara Kota Surabaya mempunyai beberapa tempat yang berbukit dengan ketinggian lebih dari 100 meter di atas permukaan laut. Salah satu bukit yang cukup tinggi dan startegis untuk dipergunakan sebagai markaz rukyat adalah Bukit Condrodipo.

"Awal Dzulhijjah 1439 H bertepatan dengan hari Senin (mulai Ahad malam), 13 Agustus 2018 atas dasar penyelenggaraan rukyah (Ahad, 29 Dzulqo'dah 1439 ) petang ini," tulis pesan bertanda Ketua LF PBNU KH Ahmad Ghazalie Masroeri pada Ahad (13/8).Hal ini didasarkan pada hasil pengamatan beberapa perukyat dari berbagai daerah yang berhasil melihat hilal. Di antara tempat perukyat yang berhasil melihatnya adalah Bukit Condrodipo Gresik, Jawa Timur; IAIN Madura; Pelabuhan Taddan Sampang, Madura; Gedung STIBA Makassar, Sulawesi Selatan; Centeral Obserbasi Astronomi Club Kudus, Jawa Tengah; Masjid Jami' Denanyar, Jombang, Jawa Timur; Pantai Pungkruk, Jepara, Jawa Tengah; Markaz RHI, Yogyakarta; dan Pantai Pandian Wonorejo, Situbondo; Jawa Timur.

Dengan demikian, Idul Adha, yakni 10 Dzulhijjah 1439 H jatuh pada hari Rabu (22/8/2018). "Maka Idul Adha 1439 H bertepatan dengan hari Rabu, 22 Agustus 2018," kata Kiai Ghazalie.

"Selamat berpuasa Arafah dan beridul Adha," pungkasnya.

Perwakilan dari Pengadilan Agama Gresik yang ikut rukyat antara lain Drs. H.Ach. Shofwan MS, S.H , Muhammad Aghfar Musyaddad, S.H , Hujaidi, S.H beserta dokumentasi A. Yudi Ismail, S.Kom dan Adhy Kurniawan, S.H, M.H

Sebelumnya, Ma'rufin, salah satu pengurus LF PBNU, mengatakan bahwa tinggi hilal pada Ahad (12/8) berada di atas 11 derajat. Hal ini tentu saja sudah jauh di atas imkanurrukyah, batas minimum hilal dapat dilihat, yakni dua derajat. (Syakir NF/Ibnu Nawawi)

RAPAT DINAS AGUSTUS 2018

Gresik//Pa-Gresik.go.id

Gresik, bertempat di Aula Pengadilan Agama Gresik, 07 Agustus 2018  tepat pukul 13:30 WIB diagendakan rapat dinas rutin bulan Agustus 2018. Rapat dibuka oleh Sekretaris Pengadilan Agama Gresik Mochamad Ischaq, S.H.. Dalam pebukaan sekretaris juga menghimbau bahwa hasil capaian SAPM tidak berhenti setelah penerimaan sertifikat tetapi harus tetap berjalan dan terus memperbaiki kekurangan sehingga pencapaian A (Excellent) dapat dipertahankan.

Rapat dipimpin oleh Drs. Santoso, M.H., Ketua Pengadilan Agama Gresik dihadiri oleh seluruh Peawai Pengadilan Agama Gresik. Dalam pembinaannya Ketua Pengadilan Agama Gresik menyampaikan beberapa hal dari hasil pembinaan di Malang  sebagai berikut :

  1. 1. Tersedianya Tenaga IT yang handal untuk mengantisipasi perkembangan TI dalam peningkatan pelayanan public, serta  Tenaga IT tersebut tidak diperkenankan merangkap atau pindah menjadi tenaga teknis.
  2. 2. Setiap pelanggaran yang ada harus segera ditindaklanjuti dan dilaporkan ke Pengadilan Tingkat Banding maupun                 Mahkamah Agung.
  3. 3. Setiap satker harus waspada  terhadap ombudsman yang melakukan pengawasan dengan modus penyelesaian perkara     yang cepat dengan imbalan berupa uang.
  4. 4. Dalam Pelaksanaan Eksekusi harus hati-hati dan teliti.
  5. 5. Pengawasan oleh Mahkamah Agung saat ini sudah dilaksanakan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.
  6. 6. Semua pegawai harus update terhadap peraturan terbaru dan peraturan mana yang sudah tidak berlaku lagi
  7. 7. Tidak disetujuinya RUU Jabatan Hakim
  8. 8. Keterlambatan pelaksanaan minutasi akan menjadi tanggung jawab atasan.
  9. 9. Website agar dikelola dengan baik dan terus terupdate.
  10. 10. Tim SAPM (Sertifikasi areditasi Penjaminan Mutu) akan turun mulai awal September.
  11. 11. Agar diperhatikan cek upload Putusan di Mahkamah Agung, One day minute, one day publish.
  12. 12. Kelengkapan sarana dan prasarana PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu)
  13. 13. Regulasi dan Bisnis Proses Aplikasi E-Court agar segera dipelajari.

Setelah pembinaan dari Ketua Pengadilan Agama Gresik dilanjutkan oleh Drs. M. Shohih, M.H Wakil Ketua Pengadilan Agama Gresik yang menyampaikan beberapa hal mengenai :

  1. 1. Peningkatan kinerja pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan
  2. 2. Rapat dinas merupakan sarana untuk menyamakan tujuan dan peningkatan kinerja dengan diawali rapat tentang                   kedisiplinan pegawai dan absensi.
  3. 3. Dengan terbentuknya Tim Verifikasi Data Pegawai maka proses verifikasi agar segera dilaksanakan.
  4. 4. Hakim Pengawas Bidang segera melaporkan hasil pengawasannya agar dapat segera dilaorkan ke Pengadilan Tingkat     banding.
  5. 5. Hasil temuan – temuan dari pelaksanaan SAPM agar segera ditindaklanjuti sehingga tidak melebihi taget waktu yang           telah ditentukan seperti :
    1. Terpisahnya kamar mandi (toilet)  laki-laki dan perempuan untuk pihak perkara.
    2. SMS Gateway segera ditindaklanjuti
    3. Arsip digital segera dilaksanakan dan disiapkan sarana dan prasarananya serta diperlukan kerja tim yang terdiri tenaga IT, Majelis Hakim dan Panitera Pengganti.
    4. Disiapkan tenaga dan sarana prasarana untuk pelaksanaan E-Court, one day minute, one day publish serta PTSP .
    5. Cheklist Kebersihan agar tetap diperhatikan.

Rapat ditutup oleh Sekretaris Pengadilan Agama Gresik tepat pukul 15:00 WIB.

Kontak

  • Jl. Wahidin Sudiro Husodo No. 45

    Gresik Jawa Timur Indonesia

  • Telp : (031)-3991193

    Fax : (031)-3981695

    Mobile: 085204163436

  • Email : pagresik@gmail.com

Traffic Pengunjung

Hari ini212
Kemarin190
Minggu ini212
Bulan ini2952
Semua69214

20 August 2018

Tautan

 

Jam Pelayanan

Jam Kerja
Senin - Kamis  : Pukul 07.30 - 16.00
Jum'at  : Pukul 07.00 - 16.00

Jam Pelayanan
Senin - Jum'at  : Pukul 08.00 - 15.00

Jadwal Sidang
Senin - kamis  : Pukul 09.00 - Selesai